Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Tips Mengatasi Kecanduan Media Sosial Facebook

Sebelumnya kita telah bahas mengenai orang yang kecanduan Facebook atau sosialmedia. Untuk itu kali ini akan membahas bagaimana caranya kita menghindari atau mengatasi kecanduan facebook atau media sosial. Ber-Facebook-ria memang banyak manfaat. Bertemu banyak kenalan, berpotensi mendapat rekan bisnis baru, pelanggan baru, bersilaturahmi dengan kerabat. Tapi jadi masalah kalau sudah menjadi kecanduan, sampai mengganggu studi dan pekerjaan.
kecanduan facebook

Mulai merasa studi dan pekerjaan terlantar akibat terlalu banyak bergaul di Facebook? Atau bahkan sudah ditegur atasan? Pernahkah anda mengalaminya?

Berikut ini caranya mengatasi kecanduan facebook atau media sosial yang diambil dari Sumber : Mashable.com dan internet sehat, diantaranya : 

1. Tetapkan tujuan 

Ingat kembali apa tujuan Anda ber-Facebook? Sekadar terhubung dengan teman-teman dan keluarga? Atau juga mempromosikan bisnis? Coba tetapkan kembali dan fokus pada tujuan itu, agar Anda tidak terlalu melantur kemana-mana saat online di situs gaul itu. Memang banyak aplikasi menarik di Facebook seperti games, sehingga bikin orang lupa tujuan semula. Kini usahakan fokus lagi ya. 

2. Batasi waktu 

Mulai disiplin menerapkan batasan waktu. Misalnya sehari cukup 2 jam saja, setelah tugas sekolah atau pekerjaan sudah selesai. Ada program bernama StayFocus di Google Chrome yang bisa mengatur waktu Anda mengunjungi situs secara otomatis. 

3. Berbagi tujuan 

Coba install aplikasi kalender Facebook seperti 30 Boxes yang bisa mengatur dan berbagi ke teman-teman tentang apa tujuan Anda online di Facebook. Munta teman Facebook menjadi motivator untuk mencapai tujuan Anda dan memenuhi tenggat waktu Anda. Buatlah jadwal anda kepada kontak Anda Facebook untuk membantu menjaga Anda bertanggung jawab untuk memenuhi tenggat waktu dan tujuan. 30 box Kalender ini juga kompatibel dengan beberapa platform lainnya termasuk Twitter, Blogger, WordPress, Yahoo! Mail dan Google Calendar. Ini juga diakses melalui smartphone Anda melalui versi mobile dari kalender. 

4. Break dulu 

Jika Facebook dianggap sebagai hiburan, maka atur skedul kapan Anda mendapat hiburan itu sebagai suatu break. Misalnya setelah menyelesaikan tugas selama 30 menit, Anda mendapat break sebentar untuk online di Facebook selama 10 menit. Dengan begitu pekerjaan beres, Facebook pun tetap update. 

5. Atau jadikan “hadiah” 

Merasa tips nomor 4 kurang afdol? Coba jadikan Facebook sebagai hadiah jika Anda sudah menyelesaikan tugas terberat Anda. Ini semacam apresiasi, Anda sudah membereskan masalah pekerjaan, dan Anda berhak untuk gaul di Facebook selama beberapa jam. 

6. Matikan komputer 

Ada banyak peristiwa menarik daripada sekadar update di Facebook. Matikan komputer dan bergaul langsung dengan teman-teman di dunia nyata.

Demikianlah cara mengatasi kecanduan facebook atau media sosial semoga bermanfaat.

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Rujuk

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan