Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Hadits Tentang Shalat Safar Bg 1 (mengqashar shalat)

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Mengqashar Shalat

Firman Allah SWT :

وَ اِذَا ضَرَبْتُمْ فِى اْلاَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ اَنْ تَقْصُرُوْا مِنَ الصَّلوةِ اِنْ خِفْتُمْ اَنْ يَّفْتِنَكُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا، اِنَّ اْلكفِرِيْنَ كَانُوْا لَكُمْ عَدُوًّا مُّبِيْنًا. النساء: 101
Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu mengqashar shalat, jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu. [S. An-Nisaa’ : 101]

Hadits Nabi SAW :

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: صَحِبْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص فَكَانَ لاَ يَزِيْدُ فِى السَّفَرِ عَلَى رَكْعَتَيْنِ وَ اَبَا بَكْرٍ وَ عُمَرَ وَ عُثْمَانَ كَذلِكَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ. البخارى 2: 38
Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Aku pernah menemani Rasulullah SAW sedang dalam bepergian, maka beliau tidak pernah menambah shalatnya melebihi dua reka’at, demikian juga Abu Bakar, ‘Umar dan ‘Utsman RA”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 38]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّهُ صَلَّى مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص اِلىَ مَكَّةَ فِى اْلمَسِيْرِ وَ اْلمَقَامِ بِمَكَّةَ اِلىَ اَنْ رَجَعُوْا رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ. ابو داود الطيالسى فى مسنده: 337، رقم: 2576
Dari Abu Hurairah, bahwasanya ia pernah shalat bersama Rasulullah SAW dua reka’at-dua reka’at dalam perjalanan ke Makkah, selama muqim di Makkah sampai pulang (ke Madinah). [HR. Abu Dawud Ath-Thayalisi dalam musnadnya, hal. 337, no. 2576]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: اَقَامَ النَّبِيُّ ص تِسْعَةَ عَشَرَ يَقْصُرُ. فَنَحْنُ اِذَا سَافَرْنَا تِسْعَةَ عَشَرَ قَصَرْنَا وَ اِنْ زِدْنَا اَتْمَمْنَا. البخارى 2: 34
Dari Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata, “Nabi SAW (ketika menaklukkan Makkah), beliau tinggal di sana selama 19 hari, beliau mengqashar shalat, maka kami apabila bepergian, tinggal selama 19 hari, kami mengqashar shalat, dan jika lebih dari itu, kami shalat tamam”. [HR. Bukhari juz 2, hal. 34]

عَنْ جَابِرٍ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: اَقَامَ رَسُوْلُ اللهِ ص بِتَبُوْكَ عِشْرِيْنَ يَوْمًا يَقْصُرُ الصَّلاَةَ. ابو داود، 2: 11، رقم: 1235
Dari Jabir bin ‘Abdullah, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah tinggal di Tabuk selama dua puluh hari, beliau mengqashar shalat”. [HR. Abu Dawud, juz 2, hal. 11, no. 1235]

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ قَالَ: غَزَوْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ شَهِدْتُ مَعَهُ اْلفَتْحَ، فَاَقَامَ بِمَكَّةَ ثَمَانِيَ عَشَرَةَ لَيْلَةً، لاَ يُصَلّى اِلاَّ رَكْعَتَيْنِ، وَ يَقُوْلُ: يَا اَهْلَ اْلبَلَدِ، صَلُّوْا اَرْبَعًا فَاِنَّا قَوْمٌ سَفْرٌ. ابو داود 2: 9، رقم: 1229
Dari ‘Imran bin Hushain, ia berkata : Aku pernah berperang bersama Nabi SAW, dan aku mengikuti penaklukan (Makkah) bersama beliau, lalu beliau tinggal di Makkah selama delapan belas hari, beliau tidak shalat kecuali dua rekaat, dan beliau bersabda, “Hai penduduk Makkah, shalatlah empat rekaat, karena kami adalah musafir”. [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 9, no. 1229. Hadits ini dlaif, karena dalam sanadnya ada perawi bernama ‘Ali bin Zaid]

عَنْ اَنَسٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص صَلَّى الظُّهْرَ بِاْلمَدِيْنَةِ اَرْبَعًا وَ صَلَّى الْعَصْرَ بِذِي اْلحُلَيْفَةِ رَكْعَتَيْنِ. مسلم 1: 480
Dari Anas, bahwasanya Rasulullah SAW shalat Dhuhur di Madinah empat raka’at, dan beliau shalat ‘Ashar di Dzul Hulaifah dua raka’at. [HR.Muslim juz 1, hal. 480]

عَنْ شُعْبَةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ يَزِيْدَ اْلهُنَائِيّ قَالَ: سَأَلْتُ اَنَسَ بْنَ مَالِكٍ عَنْ قَصْرِ الصَّلاَةِ، فَقَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا خَرَجَ مَسِيْرَةَ ثَلاَثَةِ اَمْيَالٍ اَوْ ثَلاَثَةِ فَرَاسِخَ (شُعْبَةُ الشَّاكُّ) صَلَّى رَكْعَتَيْنِ.مسلم 1: 481
Dari Syu’bah dari Yahya bin Yazid Al-Hunaiy, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Anas bin Maalik tentang mengqashar shalat, lalu ia menjawab, “Dahulu Rasulullah SAW apabila bepergian sejauh tiga mil atau tiga farsakh (Syu’bah ragu), maka beliau shalat dua reka’at”. [HR. Muslim juz 1, hal.481]

Keterangan :
  • 1 farsakh = 3 mil. 1 mil = kira-kira 2 km.
  • 3 mil = kira-kira 6 km.
  • 3 farsakh = kira-kira 18 km.

عَنْ ثُمَامَةَ بْنِ شَرَاحِيْلَ قَالَ: خَرَجْتُ اِلىَ ابْنِ عُمَرَ فَقُلْتُ: مَا صَلاَةُ اْلمُسَافِرِ؟ قَالَ: رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ اِلاَّ صَلاَةَ اْلمَغْرِبِ ثَلاَثًا. قُلْتُ: اَرَأَيْتَ اِنْ كُنَّا بِذِى اْلمَجَازِ؟ قَالَ: وَ مَا ذُو اْلمَجَازِ؟ قُلْتُ: مَكَانٌ نَجْتَمِعُ فِيْهِ وَ نَبِيْعُ فِيْهِ وَ نَمْكُثُ عِشْرِيْنَ لَيْلَةً، اَوْ خَمْسَ عَشَرَةَ لَيْلَةً، فَقَالَ: يَا اَيُّهَا الرَّجُلُ كُنْتُ بِاَذْرَبِيْجَانَ، لاَ اَدْرِى قَالَ اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ اَوْ شَهْرَيْنِ. فَرَأَيْتُهُمْ يُصَلُّوْنَ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ وَ رَأَيْتُ نَبِيَّ اللهِ ص بَصْرَ عَيْنِي يُصَلّيْهَا رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ نَزَعَ اِلَيَّ بِهذِهِ اْلايَةِ (لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ). احمد 2: 538، رقم: 6433
Dari Tsumamah bin Syaraahiil, ia berkata : Aku pergi kepada Ibnu ‘Umar, lalu aku bertanya, “Bagaimana shalatnya orang musafir itu?”. Ia menjawab, “Dua reka’at dua reka’at, kecuali shalat Maghrib, tiga reka’at”. Aku bertanya lagi, “Bagaimana pendapatmu jika kami berada di Dzul Majaz?”. Ia bertanya, “Apa Dzul Majaz itu?”. Aku menjawab, “Suatu tempat yang kami berkumpul, berjual beli dan tinggal di situ selama dua puluh hari atau lima belas hari”. (Ibnu ‘Umar) berkata, “Hai Tsumamah, aku pernah di Adzrabiijan, (Tsumamah berkata : Ia berkata, “Aku tidak ingat persis apa empat bulan atau dua bulan), aku melihat mereka para shahabat shalat dua reka’at-dua reka’at. Dan aku melihat Nabi SAW penyejuk pandangan mataku, beliau shalat dua reka’at. (Tsumamah berkata), “Kemudian (Ibnu ‘Umar) membacakan ayat ini kepadaku (yang artinya), “Sungguh telah ada bagi kalian pada diri Rasulullah contoh yang baik”. [HR. Ahmad juz 2, hal. 538, no. 6433]

Keterangan :
Tentang berapa kilometer jauhnya seseorang disebut sebagai musafir itu tidak ada penjelasan yang tegas dari Nabi SAW, namun yang jelas beliau bepergian dari Madinah ke Makkah, ketika baru sampai di Dzul Hulaifah beliau sudah mengqashar shalat, sedangkan jarak dari Madinah sampai Dzul Hulaifah itu kira-kira 6 mil ( kira-kira 12 km).

عَنْ يَعْلَى بْنِ اُمَيَّةَ قَالَ: قُلْتُ لِعُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ: (لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ اَنْ تَقْصُرُوْا مِنَ الصَّلوةِ اِنْ خِفْتُمْ اَنْ يَّفْتِنَكُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا) فَقَدْ أَمِنَ النَّاسُ. فَقَالَ عَجِبْتُ مِمَّا عَجِبْتَ مِنْهُ، فَسَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص عَنْ ذلِكَ فَقَالَ: صَدَقَةٌ تَصَدَّقَ اللهُ بِهَا عَلَيْكُمْ، فَاقْبَلُوْا صَدَقَتَهُ. مسلم 1: 478
Dari Ya’la bin Umayyah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada ‘Umar bin Khaththab (tentang firman Allah, yang artinya) “Maka tidaklah mengapa kamu mengqashar shalat, jika kamu khawatir diserang orang-orang kafir. [QS.An-Nisaa’ : 101]”, sedang manusia sungguh sudah dalam keadaan aman. Kemudian ‘Umar menjawab, “Aku (juga) heran sebagaimana apa yang kamu herankan itu”. Lalu aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang hal itu, maka beliau menjawab, “Itu adalah sedeqah yang diberikan Allah kepada kalian, maka terimalah sedeqah-Nya itu”. [HR. Muslim juz 1, hal. 478]

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: خَرَجْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى عُمْرَةِ رَمَضَانَ فَاَفْطَرَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَ صُمْتُ، فَقَصَرَ وَ اَتْمَمْتُ، فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، بِاَبِى وَ اُمّى، اَفْطَرْتَ وَ صُمْتُ وَ قَصَرْتَ وَ اَتْمَمْتُ، فَقَالَ: اَحْسَنْتِ يَا عَائِشَةُ. الدارقطنى 2: 188، و قال اسناد حسن
Dari ‘Aisyah, ia berkata : Aku pernah keluar bersama Rasulullah SAW dalam ‘umrah di bulan Ramadlan, kemudian Rasulullah SAW berbuka, sedang aku tetap berpuasa, dan beliau mengqashar (shalatnya) sedang aku menyempurnakannya, lalu aku bertanya, “Ya Rasulullah, kutebusi dengan ayah dan ibuku, (bagaimana) engkau berbuka sedang aku tetap puasa, dan engkau mengqashar shalat sedang aku menyempurnakannya?”. Lalu beliau menjawab, “Itu baik saja, ‘Aisyah”. [HR. Daruquthni juz 2, hal. 188, dan ia berkata : Hadits ini sanadnya hasan]

عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَقْصُرُ فِى السَّفَرِ وَ يُتِمُّ وَ يُفْطِرُ وَ يَصُوْمُ. الدارقطنى 2: 189، و قال: اسناد صحيح
Dari ‘Aisyah RA, bahwasanya Nabi SAW pernah mengqashar shalat dalam bepergian, dan pernah menyempurnakannya, dan pernah berbuka, dan pernah juga tetap berpuasa. [HR. Daruquthni juz 2, hal. 189, dan ia berkata : Hadits ini sanadnya shahih]

Keterangan :
Dari dalil-dalil tersebut bisa kita pahami bahwa mengqashar shalat bagi musafir itu adalah suatu rukhshah, bukan sebagai keharusan.

Menjama’ Shalat

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ اَنْ تَزِيْغَ الشَّمْسُ اَخَّرَ الظُّهْرَ اِلىَ وَقْتِ اْلعَصْرِ ثُمَّ نَزَلَ يَجْمَعُ بَيْنَهُمَا. فَاِنْ زَاغَتْ الشَّمْسُ قَبْلَ اَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى الظُّهْرَ ثُمَّ رَكِبَ. مسلم 1: 489
Dari Anas bin Maalik, ia berkata, “Dahulu Rasulullah SAW apabila berangkat bepergian sebelum matahari tergelincir, maka beliau mengakhirkan shalat Dhuhur sampai waktu ‘Ashar, kemudian beliau berhenti, lalu shalat menjama’ antara dua shalat tersebut. Tetapi apabila matahari telah tergelincir sebelum beliau berangkat, maka beliau shalat Dhuhur (dahulu), kemudian berangkat”. [HR. Muslim juz 1, hal. 489]

عَنْ اَنَسٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا اَرَادَ اَنْ يَجْمَعَ بَيْنَ الصَّلاَتَيْنِ فِى السَّفَرِ اَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَدْخُلَ اَوَّلُ وَقْتِ اْلعَصْرِ، ثُمَّ يَجْمَعُ بَيْنَهُمَا. مسلم 1: 489
Dari Anas bin Maalik, ia berkata, “Dahulu Nabi SAW apabila akan menjama’ antara dua shalat dalam bepergian, maka beliau mengakhirkan shalat Dhuhur sampai masuk awwal waktu ‘Ashar, lalu beliau menjama’ antara keduanya”. [HR. Muslim juz 1, hal. 489]

عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ فِى غَزْوَةِ تَبُوْكَ اِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ زَيْغِ الشَّمْسِ اَخَّرَ الظُّهْرَ اِلىَ اَنْ يَجْمَعَهَا اِلىَ اْلعَصْرِ، فَيُصَلّيْهِمَا جَمِيْعًا. وَ اِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ زَيْغِ الشَّمْسِ عَجَّلَ اْلعَصْرَ اِلَى الظُّهْرِ وَ صَلَّى الظُّهْرَ وَ اْلعَصْرَ جَمِيْعًا، ثُمَّ سَارَ. وَ كَانَ اِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ اْلمَغْرِبِ اَخَّرَ اْلمَغْرِبَ حَتَّى يُصَلّيَهَا مَعَ اْلعِشَاءِ. وَ اِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ اْلمَغْرِبِ عَجَّلَ اْلعِشَاءَ فَصَلاَّهَا مَعَ اْلمَغْرِبِ. الترمذى2: 33، رقم: 551
Dari Mu’adz bin Jabal bahwasanya Nabi SAW dalam perang Tabuk, apabila beliau berangkat sebelum matahari tergelincir, maka beliau mengakhirkan shalat Dhuhur kepada waktu ‘Ashar, sehingga beliau menjama’nya pada waktu ‘Ashar. Dan apabila beliau berangkat setelah matahai tergelinir, beliau memajukan shalat ‘Ashar kepada Dhuhur, maka beliau shalat Dhuhur dan ‘Ashar dengan jama’, kemudian berangkat. Dan apabila beliau berangkat sebelum Maghrib, maka beliau mengakhirkan shalat Maghrib sehingga beliau mengerjakannya bersama shalat ‘Isyak. Dan apabila beliau berangkat setelah Maghrib, maka beliau memajukan shalat‘Isyaknya, maka beliau mengerjakannya bersama shalat Maghrib”. [HR. Tirmidzi juz 2, hal. 33, no. 551]

عَنْ عِكْرِمَةَ وَ عَنْ كُرَيْبٍ اَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ: اَلاَ اُحَدّثُكُمْ عَنْ صَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى سَفَرٍ؟ قَالَ: قُلْنَا، بَلَى. قَالَ: كَانَ اِذَا زَاغَتِ الشَّمْسُ فِى مَنْزِلِهِ جَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَ اْلعَصْرِ قَبْلَ اَنْ يَرْكَبَ، وَ اِذَا لَمْ تَزِغْ لَهُ فِى مَنْزِلِهِ سَارَ حَتىَّ اِذَا حَانَتِ اْلعَصْرُ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَ اْلعَصْرِ، وَ اِذَا حَانَتِ اْلمَغْرِبُ فِى مَنْزِلِهِ جَمَعَ بَيْنَهَا وَ بَيْنَ اْلعِشَاءِ، وَ اِذَا لَمْ تَحِنْ فِى مَنْزِلِهِ رَكِبَ، حَتَّى اِذَا حَانَتِ اْلعِشَاءُ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا. احمد1: 786، رقم: 3480
Dari ‘Ikrimah dan dari Kuraib, bahwasanya Ibnu ‘Abbas berkata, “Maukah kuceritakan kepada kalian tentang shalatnya Rasulullah SAW di dalam safar?”. Kami berkata, “Ya, mau”. (Ibnu ‘Abbas) berkata, “Dahulu Nabi SAW apabila matahari telah tergelincir, sedang beliau masih di tempat singgahnya, maka beliau menjama’antara shalat Dhuhur dan ‘Ashar sebelum berangkat. Dan apabila matahari belum tergelincir ketika beliau masih di tempat singgahnya, maka beliau terus berangkat, dan setelah datang waktu shalat ‘Ashar, lalu berhenti, kemudian manjama’ antara shalat Dhuhur dan ‘Ashar. Dan apabila telah tiba waktu Maghrib, ketika beliau masih di tempat singgahnya, maka beliau menjama’ antara shalat Maghrib dan ‘Isyak, dan apabila belum masuk waktu Maghrib, sedang beliau masih di tempat singgahnya, maka beliau terus berangkat sehingga apabila datang waktu ‘Isyak, maka beliau berhenti lalu menjama’ shalat Maghrib dan ‘Isyak”. [HR. Ahmad juz 1, hal. 786, no. 3480]

Selanjutnya ke Sholat safar bg 2


سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Hadits Tentang Walimah

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan